James Naismith, Henri Coandă, & Arthur Wynne


James Naismith (1861–1939)
James Naismith, penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football. Lahir di Almonte, Canada West (kini bagian dari Ontario), 6 November 1861.
Tahun 1891, saat bekerja sebagai guru Pendidikan Jasmani (physical education) di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts, beliau diajak untuk mencari cara menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin.
15 Desember 1891, Terinspirasikan sebuah permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket. Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui pass (lemparan).
Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936, ia dinamakan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Beliau menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925.
28 November 1939, Naismith meninggal dunia kurang dari enam bulan setelah menikah untuk kedua kalinya.

Henri Coandă (1886 – 1972 )


Henri Marie Coandă, (lahir 7 Juni 1886 – meninggal 25 November 1972 pada umur 86 tahun) adalah penemu berkebangsaan Rumania, perintis aerodinamika, dan bapak pesawat udara bermesin jet modern. Namanya diabadikan sebagai nama bandar udara di Bukarest, Rumania, Bandara Internasional Henri Coandă.



 Arthur Wynne
Adalah Arthur Wynne seorang wartawan kelahiran Liverpool, Inggris, yang hijrah ke AS sebagai penggagasnya. Ia membuat rubrik baru untuk edisi hari Minggu koran tempatnya bekerja, New York World. Rubrik ringan itu ia maksudkan sebagai teka-teki simpel bagi para pembacanya yang ingin bersenang-senang. Karena itu diberi nama "FUN".
Edisi pertama teka-teki yang ia sebut "Word-Cross Puzzle" itu diterbitkan pada hari Minggu 21 Desember 1913.Teka-Teki Silang (TTS) itu berbentuk berlian dengan tulisan "FUN" pada baris kedua. Adanya kata "FUN" itu membuat TTS ini jadi unik mungkin untuk saat ini juga karena selain nomor sebagai patokan awal penulisan jawabannya, juga ada huruf F dan N. Untuk pertanyaan F-7 (Jawabannya dimulai dengan huruf F dan berakhir di kota angka 7 - 4 huruf) ditanyakan: Part of your head.
Meski pada awalnya ia membuat TTS berbentuk berlian, setelah itu ia membuat TTS dengan banyak variasi. Sekarang rata-rata koran dan majalah pernah memuat TTS. 

 "Word-Cross Puzzle"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar