Kapal Induk Akagi



Akagi kapal induk Jepang yang terlibat dalam Serangan atas Pearl Harbor. Kapal induk Akagi telah mengalami kerusakan parah pada 4 Juni 1942 akibat serangan pesawat terbang milik Angkatan Laut Amerika Serikat semasa Pertempuran Midway, dan ditenggelamkan oleh kapal pemusnah Jepang pada awal pagi 5 Juni 1942 .
Kapal Induk ini memiliki berat 34.364 ton, mulai dibuat di Kure, Jepang. Pada awalnya kapal induk Akagi dibangun sebagai kapal penjelajah tempur.

Pada Maret 1927,Akagi merupakan salah satu kapal induk besar yang pertama di Jepang. Kapal induk Akagi telah dipromosikan secara besar-besaran sepanjang tahun 1935-1938 untuk meletakkan menara di sebelah pelabuhan, lain dari kebiasaan, dan juga dek penerbangan panjang penuh, Kapal induk Akagi aktif di pesisir China untuk beberapa tahun berikutnya, dan ia merupakan kapal induk dalam pengeboman Pearl Harbor pada Desember 1941.

Akagi juga mengetuai kapal induk lain untuk menyerang sepanjang Hindia Timur dan Lautan India, termasuk meneggelamkan kapal induk Inggris Hermes, menghalau Sekutu keluar dari Jawa dan Sumatra dan turut menyerang Darwin di Utara Australia.
Kapal induk Akagi kemudian menyertai dalam serangan kapal induk ke kawasan Lautan India dan merupakan kapal pemerintah untuk pasukan kapal induk Jepang selama Pertempuran Midway. 

Pada 4 Juni 1942, ketika beroperasi di utara Pulau Midway, Akagi diserang oleh pengebom selam dari USS Enterprise dan terbaka.

Aircraft Akagi



Komandan Kapal Induk Akagi

Admiral Isoroku Yamamoto, Beliau menyandang posisi sebagai komandan Akagi hingga tahun 1929. Kapal itu sendiri mengalami kerusakan hebat dalam pertempuran di Midway pada tahun 1945 saat berada dibawah komandan Taijiro Aoki. Karena perbaikan tidak terselesaikan, Akagi kemudian ditenggelamkan oleh kapal pemusnah Jepang dengan menggunakan torpedo awal pagi berikutnya supaya tidak jatuh ke tangan musuh.

Yamamoto sempat ditugaskan menjadi Atase Angkatan Laut di Washington DC pada tahun 1925-1928. Yamamoto kemudian ditarik ke Jepang dan diangkat menjadi komandan kapal induk Akagi. Beliau adalah otak dibalik serangan Pearl Harbor, sebuah serangan besar pembuka yang menjadi awal perang Pasifik.
Yamamoto terlahir di daerah Niigata, Jepang dengan nama Isoroku Takano pada 4 April tahun 1884. Keluarga Yamamoto kemudian mengadopsinya hingga kemudian Ia menyandang nama keluarga Yamamoto. Perjalanan militernya dimulai dari lulus Akademi Angkatan Laut pada tahun 1904 dan pada 1905 sudah mendapat pengalaman perang pertamanya dengan ikut bertempur di bawah komando Laksamana Togo melawan armada Rusia. Pertempuran tersebut terjadi di Selat Tsushima pada Mei 1905.Dalam pertempuran tersebut, Yamamoto terluka dan kehilangan dua jari tangan kirinya. Akibat luka ini, hampir saja Ia dikeluarkan dari kedinasan aktif Angkatan Laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar